Cara Akses Login ke FTP Filezilla

FileZilla merupakan salah satu aplikasi transfer file terpopuler yang digunakan dalam jaringan File Transfer Protocol (FTP). FTP adalah jenis protokol yang digunakan sebagai perantara dalam pertukaran data antara komputer dan server melalui jaringan internet.

FileZilla adalah aplikasi open-source dan gratis yang menawarkan berbagai fitur terbaik tanpa memerlukan biaya tambahan. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac.

Sebagai FTP client, FileZilla memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  1. Melakukan koneksi antara client dan server.
  2. Menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk melakukan transfer file antara komputer dan server, baik upload (dari komputer ke server) maupun download (dari server ke komputer).
  3. Meningkatkan keamanan dan kecepatan proses transfer file.

Salah satu keunggulan FileZilla adalah antarmuka pengguna yang mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah mempelajari cara menggunakannya, terlepas dari seberapa familiar mereka dengan aplikasi ini.

Dengan FileZilla, Anda dapat mentransfer file ke hosting dengan jumlah yang banyak, ukuran yang besar, dan dalam berbagai format file. Proses transfer file dengan menggunakan FileZilla dapat dilakukan dengan drag & drop, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer file dengan mudah.

Selanjutnya, untuk menggunakan FileZilla, Anda perlu mengatur koneksi ke server FTP. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur koneksi FTP Server di FileZilla:

1. Akses aplikasi Filezilla, Di kiri atas FileZilla, pilih File > Site manager

2. Setelah klik site manager, masukkan input data berikut ini:

  • pilih bagian general kemudian ikuti seperti gambar di atas
  • protocol : FTP – File Transfer Protocol
  • host : masukan namadomain anda atau masukan ip shared hosting anda > dan port : 21
  • encryption : pilih only use plain FTP (insecure)
  • login type : pilih ask for password
  • Username : masukan user login cpanel
  • Selanjutnya klik connect
  • Password : masukan password Cpanel

Selesai .. Selamat Mencoba

FileZilla adalah tools yang sangat bermanfaat dan mempermudah Anda untuk melakukan transfer file dengan cepat dan aman. Tool ini sangat bermanfaat bagi Anda, terutama ketika mengelola sebuah website. Cara menggunakan FileZilla sangat mudah bukan !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *