Cara Menggunakan Fitur DNS Zone Editor di Cpanel

Fitur Zone Editor menampilkan catatan zona untuk domain yang dipilih. Contohnya, jika anda menginginkan subomain mengacu ke domain lain, tambahkan record baru.
Anda bisa menemukan fitur ini pada cPanel Anda bagian Domains -> Zone Editor atau ketik Zone Editor pada kolom pencarian di layar atas cPanel.

Menambahkan catatan menggunakan Zone Editor

1. Pilih domain yang ingin Anda tambahkan catatan, dan kemudian klik manage

2. Tambahkan record dns yang ingin di pointing pada domain/subdomain anda

Add A Record – Catatan ini memetakan nama host ke alamat IP. Tanpa catatan A yang sesuai, pengunjung Anda tidak dapat mengakses situs web, situs FTP, atau akun email Anda.
Add AAAA Record – Catatan ini memetakan nama host ke alamat IPv6.
Add CAA Record – Catatan ini memungkinkan Anda menentukan otoritas sertifikat (CA) mana yang akan mengeluarkan sertifikat SSL untuk domain.
Add CNAME Record – Catatan ini membuat alias untuk nama domain lain, yang DNS cari. Ini berguna, misalnya, jika Anda mengarahkan beberapa catatan CNAME ke catatan A tunggal untuk menyederhanakan pemeliharaan DNS.
Add DMARC Record – Catatan ini menunjukkan tindakan yang harus diambil oleh server mail saat menerima email dari domain ini, tetapi pesan itu gagal diperiksa oleh SPF dan DKIM. Jika Anda memilih opsi ini, sistem membuat catatan TXT dengan catatan DMARC default.
Add MX Record – Catatan ini memungkinkan Anda untuk merutekan email masuk domain ke server tertentu.
Add SRV Record – Catatan ini memberikan informasi tentang layanan yang tersedia pada port tertentu di server Anda.
Add TXT Record – Catatan ini berisi informasi teks untuk dibaca berbagai layanan.

3. Setelah record DNS sudah di input langkah selanjut nya klik Save Record.

4. Selesai..!! Semoga Cara di atas dapat membantu kebutuhan anda.

NOTE : Perlu diperhatikan juga, setiap Anda melakukan perubahan DNS bisa jadi akan membutuhkan waktu propagasi ulang dengan masa bervariasi dari 2 jam hingga 72 jam tergantung konfigurasi masing-masing jaringan internet yang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *