Cara setting DNS melalui Panel PLESK

Salah satu fasilitas untuk fitur yang ada di Plesk Panel adalah setting DNS. Dengan fitur ini, anda dapat membuat atau mengarahkan DNS record domain anda, ke IP server yang diinginkan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting DNS di HOSTER Panel untuk layanan hosting anda.

Anda dapat mengelola DNS di Plesk melalui menu DNS Settings. Langkahnya sebagai berikut :

1. Login ke Plesk Panel terlebih dahulu.
2. Klik menu Websites & Domains
3. Klik menu DNS Settings

4. Klik menu Hosting & DNS

5. Pilih Bagian Add Record untuk menambahkan DNS

6. Tambahkan DNS yang ingin anda pointing

A Record – Catatan ini memetakan nama host ke alamat IP. Tanpa catatan A yang sesuai, pengunjung Anda tidak dapat mengakses situs web, situs FTP, atau akun email Anda.
AAAA Record – Catatan ini memetakan nama host ke alamat IPv6.
CAA Record – Catatan ini memungkinkan Anda menentukan otoritas sertifikat (CA) mana yang akan mengeluarkan sertifikat SSL untuk domain.
CNAME Record – Catatan ini membuat alias untuk nama domain lain, yang DNS cari. Ini berguna, misalnya, jika Anda mengarahkan beberapa catatan CNAME ke catatan A tunggal untuk menyederhanakan pemeliharaan DNS.
DMARC Record – Catatan ini menunjukkan tindakan yang harus diambil oleh server mail saat menerima email dari domain ini, tetapi pesan itu gagal diperiksa oleh SPF dan DKIM. Jika Anda memilih opsi ini, sistem membuat catatan TXT dengan catatan DMARC default.
MX Record – Catatan ini memungkinkan Anda untuk merutekan email masuk domain ke server tertentu.
SRV Record – Catatan ini memberikan informasi tentang layanan yang tersedia pada port tertentu di server Anda.
TXT Record – Catatan ini berisi informasi teks untuk dibaca berbagai layanan.

NOTE : Perlu diperhatikan juga, setiap Anda melakukan perubahan DNS bisa jadi akan membutuhkan waktu propagasi ulang dengan masa bervariasi dari 2 jam hingga 72 jam tergantung konfigurasi masing-masing jaringan internet yang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.